SAJAK UNTUK NONA MANIS

Sunday, May 31, 2015

CELOTEH BURUNG CAMAR

Banyak manusia – manusia yang menyatakan “ atas nama Kebenaran “ padahal benar bagi diri sendiri belum tentu benar bagi orang lain. Banyak pertananyaan tentang kebenaran dan  “apa itu kebenaran ? “
Banyak metode ilmiah yang dipakai dalam suatu ilmu tergantung dari objek ilmu yang bersangkutan. Macam-macam objek ilmu antara lain fisiko-kimia, mahluk hidup, psikis,sosio politis, humanistis dan religius. Filsafat ilmu memiliki tiga cabang kajian yaitu ontologi,epistemologi dan aksiologi, namuna apa arti Kebenaran itu Sendiri?
Mungkin benar apa yang di katakana soe hok gie “kebenaran yang hakiki hanya ada dilangit?”
Namun mari kita cari dan kita telaah kebenaran itu salahsatunya mengajarkan pemimpin dan mnciptakan pemimpin yang berjiwa Demokrasi Langsung
Banyak pemimpin yang menyatakan “ atas nama Demokrasi dan demi kesejahteraan Rakyat.”
            Dilihat dari bahasa Yunani tentang Demokrasi yaitu Demos dan Kratos Demos berarti Rakyat dan Kratos dapat diartikan Kekuasaan/Pemerintahan, namun di jaman sekarang pemimpin-pemimpin selalu menyalahgunakan kekuasaan (kratos) itu sendiri, mulai dari pemimpin besar hingga pemimpin kecil. Ada pribahasa mengatakan “ ekor itu bergerak bagai mana kepala” kalau kepala salah apakah si ekor harus ikut bergerak salah?"
“ jangan pernah menjadi ekor tapi jadilah pemikir.” Harus diingat pula bahwa demokrasi dapat diartikan sebagai pemerintah rakyat. Yaitu pemerintahan yang dibentuk dan dijalankan atas kehendak/kedaulatan Rakyat. “tidak aka ada seorang pemimpin jika tanpa ada rakyat.”
Namun sepertinya para penguasa sudah lupa akan siapa yang membentuk dan dari mana ia berasal. Memang begitulah manusia ketika sudah ditumbuhkan taring ia akan menggigit siapa saja baik itu saudara, keuarga, sahabat bahkan teman sekalipun." bergurulah pada air hujan, dia tidak pernah lupa darimana ia berasal."
Ada baiknya semua negra berguru pada Demokrasi langsung, dalam pemerintahan baik itu pemerintahan besar atau pemrintahan kecil, rakyat harus di ikut sertakan dalam proses pengambilan keputusan, untuk menjalankan kebijakan pemerintah walaupun permasalahaan pemerintah itu bersifat kecil. Demokrasi langsung adalah Demokrasi Paling Bersih.

@rifki

No comments:

Post a Comment