SAJAK UNTUK NONA MANIS

Wednesday, December 4, 2013

HORMON OMATOTROPIN



omatotropin

(bahasa Inggris: somatotropin, somatropin, growth hormone, GH) adalah hormon polipeptida yang berasal dari protein berupa 191 rantai asam amino yang disintesis, disimpan dan dilepaskan oleh sel somatotroph di dalam sayap anterior kelenjar pituari. Somatotropin disingkat GH untuk hewan dan rhGH untuk manusia karena faktor DNA rekombinan.
Somatotropin berperan dalam mengendalikan pertumbuhan tulang, otot dan organ serta memengaruhi kecepatan pertumbuhan tubuh dengan memberikan stimulasi kepada hati untuk mensekresi hormon somatomedin,sebuah hormon perkembangan yang memberikan stimulasi lebih lanjut terhadap sel untuk berkembangbiak.
Seseorang yang kelebihan hormon ini akan mengalami pertumbuhan luar biasa yang disebut gigantisme. Orang yang kekurangan hormon ini akan mengalami kekerdilan. Hormon ini dikeluarkan oleh hipofisis. Bila kedua hal ini tidak didapat, biasanya pertumbuhan dapat dirangsang dengan cara terapi alami yang dilakukan pada intervertebral tulang belakang dan menambah ketebalan epiphyseal pada tulang kaki

No comments:

Post a Comment